Sahabat Bunda Dalam Mengoptimalkan

Sahabat Bunda Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak

Kamis, 03 Februari 2011

BERMAIN DENGAN SI KECIL

Sebagai orangtua, Anda juga dapat membantunya belajar lewat bermain. Ingat, belajar itu harus menyenangkan. Saat bermain itulah anak dapat belajar dengan riang gembira. Untuk itu, Anda dapat membantunya dengan melibatkannya dalam aktivitas sehari-hari yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki nilai edukasi yang menyenangkan.
Tak percaya? coba saja mempraktikan saran-saran dari situs Parenting Fun Magazine berikut ini:
1. Ajak dia mengerjakan pekerjaan Anda sehari-hari. Memasak bisa menjadi peluang untuk bersenang-senang. Doronglah dia "memasak sendiri". Perhatikan dari aktivitas itu dia belajar pecahan, membaca dan berkomunikasi.
2. Belanja di supermarket menjadi cara lain untuk belajar tidak saja mengenal berbagai makanan. Melainkan juga mengajaknya membandingkan harga sehingga bisa memperkuat kemampuan matematikanya.
3. Sesuaikan dengan kemampuan dan kekuatannya. jika dia senang mendengar, cobalah merekam informasi dalam kaset lalu putarkan.kalau dia suka belajar secara visual, langit menjadi sumber tak terbatas.
4. Menunjukkan gambar pada buku dan benda-benda ddi rumah itu biasa. Coba lakukan hal berikut ini: kenakan baju, sepatu, dan topi yang sewarna tiap hari. misalnya, senin adalah hari merah. maka, selain baju, sepatu, topi, dan tas, berikan dia makanan berwarna merah, dihiasi dengan makanan berwarna merah, berikan boneka dan mainan berwarna merah.
5. Menggunakan kreativitas alami dan imajinasinya sendiri sebagai sarana belajar. Pada sejarah, biarkan dia menciptakan kostum historisnya sendiri.

Jadi, agar anak menikmati proses belajarnya buatlah agar menyenangkan. untuk mendukung proses belajarnya lewat bermain, sediakan beragam sarana. Misalnya dengan menyediakan mainan/ benda yang bisa dimainkan. Pada dasarnya tidak perlu mainan mahal, yang terpenting bukan harga mainannya tetapi seberapa baik benda-benda tersebut dapat merangsang kreativitas anak. Bila perlu tidak ada salahnya Anda membongkar gudang, siapa tahu disana ada bak cuci piring bekas, setir mobil, jaring-jaring penangkap ikan, dan koper tua. bisa saja benda-benda usang tersebut bila di'sulap' bisa menjadi permainan yang menarik bagi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar