Sahabat Bunda Dalam Mengoptimalkan

Sahabat Bunda Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak

Jumat, 04 Februari 2011

PAHAMI 5 K !

Meski bermain banyak manfaatnya, tetapi tetap ada rambu-rambu yang harus dipahami, baik oleh anak, Anda sabagai orangtua, maupun piha-pihak yang terkait dengan pola pendidikan anak. Termasuk masalah penegakan kedisiplinan.Pahami 5 K berikut :
1Kasih. Dalam menerapkan pola asuh, pola pendidikan, termasuh menerapkan aturan main, tata tertib, dan kedisiplinan, semua harus berdasarkan kasih.
2Konsekuen. Jangan berjanji bila tidak sanggup memenuhi. Jangan menilai anak tidak akan mengingat/memperhitungkan setiap janji yang Anda buat.
3Konsisten. Konsistenlah terhadap aturan-aturan yang telah dibuat. Ini juga akan menanamkan pentingnya nilai konsistensi pada anak. Ingatlah bahwa anak-anak cenderung meniru orangtuanya.
4Kompak. Dalam menerapkan pola asuh, pola pendidikan, dan menerapkan aturan-aturan, sebaiknya Anda dan suami kompak. Demikian pula, dengan pihak lain yang terkait, misalnya nenek/ kakek, guru sekolah, bila perlu orangtua teman sepermainan anak. Untuk itu, dibutuhkan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lainnya.
5Kompromi. Terhadap perbedaan pendapat atau keinginan, jika dikompromikan, maka kompromikanlah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar